DINAS KESEHATAN KABUPATEN BELITUNG

Jl. Jenderal Sudirman Tanjungpandan - Belitung
Kep. Bangka Belitung
Telp : 0719-21042
E-mail : dinkesbelitung@gmail.com

 

Artikel

OBESITAS (KEGEMUKAN)

14 November 2016

OBESITAS (KEGEMUKAN)

Apakah tubuh anda gemuk atau kurus ???

Berdasarkan data Riskesdas 2010 dibandingkan data 2007 terjadi prevalensi (peningkatan) obesitas atau kegemukan pada tiap kehidupan. Kejadian peningkatan Gizi lebih ini akan memberikan beban pembangunan bidang kesehatan yang semakin berat dengan masih adanya masalah gizi kurang.

Kegemukan dan obesitas terjadi akibat asupan energy lebih tinggi dari pada energy yang dikeluarkan. Asupan energy tinggi disebabkan oleh konsumsi makanan sumber energy dan lemak tinggi,, sedangkan pengeluaran energy yang rendah disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik dan sedentary life style (pola gaya hidup).

Masalah kegemukan dan obesitas di Indonesia terjadi pada semua kelompok umur dan pada semua strata social ekonomi. Pada anak sekolah, kejadian kegemukan dan obesitas merupakan masalah yang serius karena akan berlanjut hingga usia dewasa, dan merupakan factor risiko terjadinya berbagai penyakit metabolic dan degenerative seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes mellitus, kanker, osteoarthritis, dan lain-lain. Pada anak, kegemuka dan obesitas juga dapat mengakkibatkan berbagai masalah kesehatan yang sangat merugikan kualitas hidup anakk seperti gangguan pertumbuhan tungkai kaki, gangguan tidur, sleep apnea (henti napas sesaat) dan gangguan pernafasan lain.

Kegemukan dan obesitas terutama disebabkan oleh factor lingkungan. Pola makan yang merupakan penyebab terjadinya kegemukan dan obesitas adalah mengkonsumsi makanan porsi besar (melebihi dari kebutuhan), makanan tinggi energy, tinggi lemak, tinggi karbohidrat sederhana dan rendah serat. Perilaku makan yang salah adalah memilih makanan berupa junk food (makanan siap saji), makanan dalam kemasan dan minuman ringan (soft drink).

Selain pola makan dan perilaku makan, kurangnya aktivitas fisik juga merupakan factor penyebab terjadinya kegemukan dan obesitas pada anak sekolah. Keterbatasan lapangan untuk bermain dan kurangnnya fasilitas untuk beraktivitas fisik menyebabkan anak memilih untuk bermain didalam rumah. Selain itu, kemajuan teknologi berupa alat elektronik seperti video games, playstation, televise dan computer menyebabkan anak malas untuk melakukan aktivitas fisik.

Bagaimana cara mencegah obesitas dan kegemukan terutama pada anak sekolah ???

Pola Hidup Sehat Cegah Kegemukan

  1. Konsumsi buah dan sayur kurang lebih 5 porsi perhari
  2. Membatasi menonton TV, bermain computer, game/playstation < 2 jam/hari
  3. Tidak menyediakan TV dikamar anak
  4. Mengurangi makanan dan minuman manis
  5. Mengurangi makanan berlemak dan gorengan
  6. Kurangi makan diluar
  7. Biasakan makan pagi dan membawa makanan bekal ke sekolah
  8. Biasakan makan bersama keluarga minimal 1x sehari
  9. Makanlah makanan sesuai dengan waktunya
  10. Tingkatkan aktivitas fisik minimal 1 jam/hari
  11. Melibatkan keluarga untuk perbaikan gaya hidup untuk pencegahan gizi lebih
  12. Target penurunan berat badan yang sehat

Penanggulangan kegemukan dan obesitas perlu dilaksanakan secara komprehensif pada semua jenjang pendidikan dan melibatkan semua pihak terkait seperti keluarga, guru, lemabaga pendidikan, masyarakat dan pusat pelayanan kesehatan.

Sumber :

  1. Departemen Kesehatan. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia Tahun 2007. Jakarta, 2008
  2. Haman Hadi. What Can We Do to Reduce and Prevent Obesity. Materi paparan ; pencegahan dan penanggulangan gizi lebih. Cikarang 14 April 2011
  3. Kementrian kesehatan. Laporan hasil Kesehatan Dasar Indonesia Tahun 2010. Jakarta, 2011

 

Baca Juga

POSYANDU LANSIA

06 Februari 2017

PENYAKIT DIARE

21 November 2016

OBESITAS (KEGEMUKAN)

14 November 2016

BAHAYA MEROKOK

7 November 2016

SKRINING PEMANTAUAN PERTUMBUHAN BALITA KURUS

05 Agustus 2016