DINAS KESEHATAN KABUPATEN BELITUNG

Jl. Jenderal Sudirman Tanjungpandan - Belitung
Kep. Bangka Belitung
Telp : 0719-21042
E-mail : dinkesbelitung@gmail.com

 

Info Kesehatan

BAHAYA ROKOK UNTUK IBU HAMIL

14 Maret 2016

BAHAYA ROKOK UNTUK IBU HAMIL

 

Merokok adalah suatu aktivitas yang sudah tidak asing bagi kita semua. Meski tidak asing, disarankan agar sebisa mungkin kita menghindari rokok ya? Bagaimana pun, merokok merupakan salah satu aktivitas yang sangat tidak baik buat kesehatan. Bukan hanya tidak baik buat sang perokok, merokok juga sangat tidak baik buat kesehatan orang-orang sekitar yang tidak merokok.

Jika bagi orang biasa atau sehat merokok sangat tidak disarankan, tentunya merokok juga sangat-sangat tidak disarankan bagi orang yang sedang mengandung atau hamil. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli mengungkapkan bahwa merokok saat hamil berisiko janin terkena ADHD.

ADHD sendiri merupakan Attention Deficit Hyperactiviy Disorder atau sebuah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan anak-anak berlaku tidak lazim atau cenderung berlebihan. Biasanya, anak atau seseorang yang terkena ADHD sering merasa gelisah, tidak bisa diam, tidak bisa duduk dengan tenang dan melakukan segala aktivitas secara berlebihan, cenderung meletup-letup hingga suka membuat keributan.

Ibu hamil dan merokok bisa meningkatkan risiko anak terkena ADHD

 

Para ilmuwan di Yale University menyebutkan jika kandungan nikotin dan berbagai senyawa aktif di dalam rokok bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan fisik maupun psikis janin di kandungan. Tak hanya itu saja, senyawa aktif yang terkandung di dalam rokok bahkan dipercaya bisa berisiko kanker, serangan jantung dan buruknya kesehatan paru-paru janin. Nikotin yang ada di rokok juga dipercaya memiliki janin lahir cacat atau yang lebih menyedihkan yakni meninggal dunia.

Profesor Picciotto dari Yale University mengungkapkan bahwa senyawa aktif khususnya nikotin dalam rokok sangat tidak baik buat janin. Oleh karena itu, setiap ibu disarankan agar tidak merokok selama hamil atau mengandung. Selain menghindari aktivitas merokok selama mengandung, disarankan agar wanita yang sedang hamil juga tidak dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok.

Well, jika kamu sedang mengandung dan ingin buah hati di kandungan sehat selalu, pastikan untuk tidak merokok ya? Pastikan pula bahwa kamu bisa selalu ada di tempat-tempat yang memiliki udara segar dan sehat. Jangan lupa juga buat menjaga nutrisi untuk diri sendiri dan buah hati, istirahat cukup dan jangan stres. Semoga, informasi ini bermanfaat.